cover
Contact Name
Endah Silawati
Contact Email
endah_silawati@upi.edu
Phone
+6289697390888
Journal Mail Official
cakrawaladini@upi.edu
Editorial Address
Jl Raya Cibiru KM 15 Bandung-Jawa Barat, Indonesia. 40393 Phone: 022-7801840 Fax: 022-7830426
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 20871317     EISSN : 26218321     DOI : https://doi.org/10.17509/cd
Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using quantitative and qualitative approaches, and can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012 twice a year every May and November, and published by the Indonesia University of Education Cibiru Campus, Early Childhood Education Teacher Education study program. APG PAUD Indonesia (Memorandum of Understanding No. 093/UN40.K1/HK.07/2022), and PPJ PAUD Indonesia (Memorandum of Understanding No. 009/PPJ-PAUD/I/2020). All the articles published in this journal have a unique DOI number with a prefix 10.17509.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2020): May 2020" : 10 Documents clear
PELATIHAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA BANDUNG Euis Kurniati; Vina Adriany; Mirawati Mirawati; Ina Winangsih; Ridha Marissa El-Siera
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.776 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.21552

Abstract

Bencana banjir yang sering terjadi di Bandung memiliki banyak kerugian terutama bagi anak usia dini. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan anak sebagai seorang yang rentan dan memiliki kebergantungan pada orang dewasa dalam kebencanaan. Makalah ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana bagi guru Taman kanak-Kanak di kota Bandung sebagai upaya pengurangan risiko bencana di lembanga pendidikan anak usia dini. Terdapat 24 orang guru dari 12 lembaga TK yang berasal dari kecamatan Dayeuhkolot Bandung sebagai wilayah yang sering terdampak dalam bencana banjir yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan pelatihan ini. Dengan menyampaikan pematerian, pelatihan, serta simulasi pengurangan risiko bencana pada guru TK, diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana khususnya pada daerah rawan bencana banjir. Keluaran dari makalah ini diharapkan dapat menjadi sarana dan masukkan bagi pemangku kebijakan dan pendidik dalam meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.
MANAJEMEN PENDIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL Fu`ad Arif Noor
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.931 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.20030

Abstract

This study is to explain the management of educators based on Indonesian local wisdom or culture, especially in Yogyakarta, which teaches students to be attached to real situations and conditions they face. The pillars of local wisdom educators in the form of: 1) growing educated people based on the recognition of the existence of personality since in the womb, 2) education based on the truth and virtue (Akhlak Mahmudah), avoiding ways of thinking that are not true and gratuous (in a hurry) gesa) or sulaton waton (origin problematic), 3) education that delivers moral, spiritual (affective domain) domains, as well as being able to internalize body and soul, not merely cognitive or psychomotor domains, and 4) synergize with culture, education and tourism which are very need to be developed in synergy in character education.
PENGEMBANGAN MEDIA MOTIF (MONOPOLI EDUKATIF) DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE PADA ANAK TK KELOMPOK B Dwi Nur Meilani Maqfiroh; Khutobah Khutobah; Luh Putu Indah Budyawati
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.955 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.24230

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan ini dilakukan di TK Kartika IX-35 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019-2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam pembelajaran berbasis multipel inteligen pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, dan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan tipe Borg and Gall, karena tipe ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Tahapan penelitian terdiri dari tahap mengidentifikasi masalah, tahap pengumpulan data, tahap mendesain produk, tahap validasi desain produk, tahap revisi desain produk, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, dan tahap uji coba pemakaian. Uji pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan media pembelajaran MOTIF (Monopoli Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator praktisi. Pembelajaran dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai di atas rata-rata, respon guru yang positif ketika mengajar menggunakan media monopoli edukatif, dan anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik.Kata Kunci: Media Pembelajaran, MOTIF (Monopoli Edukatif), Kecerdasan Jamak
PENGARUH PEMBELAJARAN TARI KREATIF TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN Jojor Renta Maranatha; Hayani Wulandari; Windy Chyndiana
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.778 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.20093

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemebelajaran tari kreatif terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design, dengan dua grup yaitu grup ekperimen yang diberikan pembelajaran tari kreatif dan grup kontrol yang tidak diberikan treatment atau dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh dari uji paired sample tset didapatkan hasil nilai Sig (2-tailed) 0,000 0,05, artinya Ho ditolak. Maka, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran tari kreatif terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, tari kreatif, anak usia 5-6 tahun
OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN LAGU DAERAH “AMPAR-AMPAR PISANG” Maulida Maulida
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.326 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.20133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru atau orangtua dalam mengoptimalisasikan aspek perkembangan motorik halus anak melalui permainan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini  menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian. Teknik menggunakan pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap simpulan analisis data. Hasil menunjukkan bahwa guru atau orangtua mengoptimalisasikan perkembangan motorik halus anak dengan permainan lagu daerah. Sehingga dapat menyediakan kesempatan pada anak untuk mengenalkan budaya Banjar melalui sebuah permainan tersebut. Tentunya  dengan cara metode bernyanyi, metode bermain dan metode drill. Melalui tiga metode ini, guru tau orangtua dapat mengoptimalisasikan aspek perkembangan motorik halus anak. Kata Kunci: Perkembangan motorik halus anak, Permainan “Ampar-Ampar Pisang”
RETRACTED: Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin Mohammad Fauziddin
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

RETRACTION TO: Fauziddin, M (2020). ANALISIS NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM TAYANGAN FILM KARTUN UPIN DAN IPIN. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11 (01), 55-64. This article has been retracted by Publisher based on the following reason:The Editor of Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini found the double publication in the article publishing due to article's content similarity published in https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/252Syisva, N (2019). ANALISIS NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM TAYANGAN FILM KARTUN UPIN DAN IPIN. jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.3, No.2 (2019). 506-517One of the conditions of submission of paper for publication in this journal is that authors declare explicitly that their work is original and has not appeared in a publication elsewhere. Re-use of any data should be appropriately cited. As such this article represents a severe abuse of the scientific publishing system. The scientific community takes a very strong view on this matter and apologies are offered to readers of the journal that this was not detected during the submission process
PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI Rizky Drupadi
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.838 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.20326

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengambilan perspektif dan regulasi emosi terhadap perilaku prososial pada anak usia dini. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi expo facto dengan pengambilan data secara survey. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditunjukkan kepada guru kelas untuk memperoleh data regulasi emosi pada anak, dan perilaku prososial menggunakan wawancara yang ditunjukkan kepada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial anak usia dini dengan p=0,000 (p0,05), artinya regulasi emosi dapat memprediksikan perilaku prososial pada  anak usia dini; regulasi emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 8,5% terhadap perilaku prososialKata Kunci : regulasi emosi, prososial, anak usia dini
TABLE OF CONTENTS VOL. 11 NO. 1 MAY 2020 Cakrawala Dini Editor
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.603 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.25160

Abstract

PEMBELAJARAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH Githa Mediana Simanjuntak; Rahma Widyana; Kamsih Astuti
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.788 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.21082

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh metode pembelajaran multisensori dalam meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra sekolah. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kemampuan pra membaca. 6 anak usia pra-sekolah dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis data dengan menggunakan independent sample t-test membuktikan bahwa menunjukkan nilai t sebesar 3,097 (p 0,05) dan perbedaan rata-rata kelompok sebesar 17,667. Hal tersebut berarti ada perbedaan kemampuan pra membaca yang signifikan antara kelompok yang diberi metode pembelajaran multisensori dengan metode pembelajaran konvensional di sekolah. Selain itu, analisis data dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -3,991 (p 0,05) dan perbedaan rata-rata kelompok sebesar -12,167. Hal tersebut berarti ada peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran multisensori. Dengan kata lain, ada pengaruh pembelajaran menggunakan metode multisensori yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra sekolah.
HASIL KARYA SISWA SEBAGAI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KELAS DI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN TK AN-NUR 1 YOGYAKARTA Nurliyati Rahayu
CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 11, No 1 (2020): May 2020
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (36.195 KB) | DOI: 10.17509/cd.v11i1.17279

Abstract

Abstract:. This research aims to determine the use of assessment of work in authentic classroom based assessment at the 1 st An-Nur Kindergarten in Yogyakarta. The research method uses a qualitative approach. This research uses two data collection methods to support and complement each other, namely: observation and interviews. The process of data analysis uses the Miles and Huberman models which include data reduction, data presentation, and conclusion. The assessment in the 1 st An-Nur Kindergarten group B uses several assessment techniques, namely daily records, anecdotal notes, checklists and portfolios. Assessment is based on observation, question and answer, assignments and the work of students. The work of students is used as a source to find out the development of students. The work of students can show the extent of the development of the students. Assessment of work can identify the development of students as a whole, as is and based on tangible evidence.Keyword: Masterpiece ,authentic assessment, classroom assessment.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik hasil karya dalam penilaian autentik berbasis kelas di TK An-Nur 1 Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data agar saling mendukung dan melengkapi, yaitu: observasi dan wawancara. Proses analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penilaian di TKAn-Nur 1 kelompok B menggunakan beberapa teknik penilaian, yaitu cacatan harian, catatan anekdot, checklist dan portofolio. Penilaian di dilakukan berdasarkan pengamatan, tanya-jawab, penugasan dan hasil karya peserta didik. Hasil karya peserta didik dijadikan salah satu sumber untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Hasil karya peserta didik dapat memperlihatkan sejauh mana perkembangan pesrta didik tersebut. Penilaian hasil karya dapat mengidentifikasi perkembangan peserta didik secara menyeluruh, apa adanya dan berdasarkan bukti yang nyata.Kata Kunci: Hasil Karya, Penialaian Autentik, Penilaian Berbasis

Page 1 of 1 | Total Record : 10